Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Amankan Sopir Tangki Minyak yang Terlibat Kecelakaan Maut di Bandung Barat

Kompas.com - 07/04/2024, 22:29 WIB
Bagus Puji Panuntun,
Gloria Setyvani Putri

Tim Redaksi

BANDUNG BARAT, KOMPAS.com - Polisi mengamankan sopir truk tangki yang terlibat dalam kecelakaan maut di Jalan Raya Padalarang-Cianjur, Desa Citatah, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat.

Kecelakaan maut truk tangki bermuatan minyak sawit dengan nomor polisi D 9568 AD menewaskan tiga orang pemudik sepeda motor usai dihantam saat melaju searah dari Bandung menuju Cianjur, Minggu (7/4/2024).

Ketiga korban satu keluarga ini, Dede Solehudin (39) dan kedua anaknya Yasmin (12) dan Sopiah (9) meninggal dunia di tempat dengan luka parah di bagian kepala.

Baca juga: Kronologi Truk Tangki Terguling Tewaskan 3 Orang di Jalur Mudik Bandung Barat

"Untuk sopir (truk tangki) sudah kita amankan. Sekarang masih dalam pemeriksaan oleh anggota," ujar Kanit Penegakan Hukum (Gakkum) Sat Lantas Polres Cimahi, Ipda Bayu Subakti di lokasi kejadian.

Truk tangki bermuatan minyak sawit itu tiba-tiba oleng saat berada di jalanan menurun dan berkelok. Sementara di depannya korban yang menunggangi Honda Beat putih dengan nopol D 4472 ADL tengah melaju pelan hendak menuju kampung halamannya di daerah Cipatat.

Truk tangki yang tak terkendali itu membentur benda keras sampai jungkir balik dan menyeret ketiga korban. Truk tangki akhirnya berhenti melaju setelah badannya terbalik dengan posisi roda berada di atas menghadap langit.

"Tapi semuanya masih dalam penyelidikan oleh anggota," papar Bayu.

Polisi belum bisa menarik kesimpulan apa penyebab dari kecelakaan maut yang melibatkan truk tangki minyak sawit dan kendaraan roda dua matik ini.

Baca juga: Truk Tangki Terguling Timpa Pemotor di Jalur Mudik, 3 Orang Tewas

Sebelumnya, Kasatlantas Polres Cimahi AKP Adhi Prasidya Danawiswara mengatakan, dari hasil pemeriksaan sementara kecelakaan itu disebabkan karena gagalnya fungsi pengereman pada kendaraan truk tangki.

"Penyebab pastinya masih kita dalami, namun dugaan sementara karena rem dari truk tersebut tidak berfungsi dengan baik," jelas Adhi.

Akibat dari kecelakaan itu, tiga orang pemudik motor meninggal dunia di tempat, seorang kenek truk tangki mengalami luka-luka, sementara pengemudi truk hanya mengalami lecet-lecet.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com