Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral Pungli di Masjid Al Jabbar, Bey Machmudin: Momentum Berantas Pungli

Kompas.com - 14/04/2024, 17:48 WIB
Faqih Rohman Syafei,
Gloria Setyvani Putri

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Penjabat Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin geram dengan adanya aksi pungli parkir yang terjadi kawasan Masjid Al Jabbar, Kota Bandung.

Dia pun berkomitmen akan memberantas pungli tersebut, tak hanya di kawasan Masjid Al Jabbar, tetapi di tempat lainnya di Jabar.

Baca juga: Pengunjung Masjid Al Jabbar Bandung Kena Pungli Parkir Rp 25.000

"Tak ada tempat untuk pungli di Jabar," ujar Bey dalam keterangan resminya, Minggu (14/4/2024).

Bey mengatakan, kejadian pungli yang viral di media sosial tersebut harus menjadi momentum untuk "beres-beres" layanan publik agar bebas pungli.

"Pungli di Masjid Al Jabbar jadi momentum kita berantas pungli di Jabar," ucapnya.

Menurut dia, aduan soal pungli tak hanya terjadi di kawasan Masjid Al Jabbar saja. Namun terjadi juga di kawasan wisata dan dan sektor layanan publik.

Oleh sebab itu, Bey meminta jajarannya untuk bergerak cepat mengatasi pungli-pungli tersebut. Jangan sampai dibiarkan dan merajalela hingga merugikan masyarakat.

"Saber Pungli juga harus dioptimalkan untuk mencegah kasus pungli seperti Al Jabbar terulang di tempat lain," katanya.

Terkait dengan kasus pungli di Al Jabbar, Pemprov Jabar sudah turun tangan dan berjanji akan membenahi pengelolaan parkir di kawasan tersebut.

"Tadi pagi kasus pungli yang viral ini sudah dirapatkan," terangnya.

"Al Jabbar dan aset aset pemprov akan banyak masalah kalau tidak dikelola dengan baik. Karena kita hanya berpikir membangun, tapi pengaturan lainnya tidak dipikirkan," tambah Bey.

Baca juga: Viral di Medsos, Pengunjung Masjid Al Jabbar Jadi Korban Getok Harga Parkir, Ini Respons Pemprov

Sebelumnya, viral cuitan akun @petanirumah di media sosial X yang mendapatkan pengalaman tidak mengenakkan saat berkunjung ke Masjid Al Jabbar, Kota Bandung, Jawa Barat.

Pemilik akun tersebut mengeluhkan mahalnya tarif biaya parkir di Masjid Al Jabbar. Dia harus merogoh kocek total Rp 25.000 ribu untuk biaya parkir yang dibayarkannya sebanyak tiga kali.

Selain kena pungli parkir, pengunjung itu juga terpaksa harus membeli kantung plastik seharga Rp 5.000 di area pelataran untuk menitipkan sepatu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com