Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pria di Cirebon Nekat Bakar Motor yang Sedang Isi Pertalite di SPBU, Diduga Gangguan Jiwa

Kompas.com - 08/09/2022, 16:57 WIB
Agie Permadi,
Gloria Setyvani Putri

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Seorang pria nekat melakukan percobaan pembakaran sebuah motor yang tengah mengisi bahan bakar minyak (BBM) di salah satu SPBU di wilayah Jalan Raya Sunan Gunung Jati Desa Adidharma Kecamatan Gunung Jati, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

Adapun pelaku berinisial OW, warga Cirebon dan kini telah diamankan pihak kepolisian.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Jabar Komisaris Besar Polisi Ibrahim Tompo mengatakan bahwa awalnya pria ini berjalan kaki mendatangi SPBU dengan membawa 3 kotak korek api kayu.

Dari hasil analisis kamera pengawas atau closed circuit televisi (CCTV) di sekitar lokasi, pria tersebut datang dan masuk dari samping SPBU Tangkil sekitar pukul 9.13 WIB. Sebelum melakukan pembakaran, pria ini bahkan sempat melakukan pengamatan.

Baca juga: Viral Pria Nekat Bakar Motor yang Sedang Isi Pertalite di SPBU Cirebon

Sementara itu, seorang korban berinisial MS saat itu tengah mengisi bensin di SPBU tersebut.

Tiba-tiba saja pelaku mendekati kendaraan korban yang sedang mengisi BBM itu, dan menyalakan korek api lalu memasukannya kedalam lubang tangki motor.

"Tiba-tiba pelaku menyalakan api menggunakan korek api kayu lalu api dilempar kearah tangki sepeda motor yang sedang di isi bensin hingga mengakibatkan tangki sepeda motor dan nozel SPBU terbakar," ucap Ibrahim dalam pesan singkatnya, Kamis (8/9/2022).

Sementara pria itu kemudian meninggalkan lokasi. Petugas SPBU yang melihat kondisi itu kemudian segera mencari alat pemadam api ringan (APAR) untuk memadamkan apinya.

Petugas kepolisian yang berjaga di lokasi, langsung melakukan pengamanan SPBU dan karyawan, serta melakukan pengejaran dan mengamankan pelaku, untuk kemudian membawanya ke Polres Cirebon Kota.

Diduga idap gangguan jiwa

Ibrahim menyebut bahwa pelaku ternyata mengalami gangguan jiwa. Hal itu terungkap dari hasil keterangan sejumlah saksi.

"OW diduga sudah lama mengalami gangguan jiwa karena namun belum pernah diperiksa ke psikiater," ucap Ibrahim dalam pesan singkatnya, Kamis (8/9/2022).

Dari hasil keterangan saksi dan korban, polisi mendapatkan hasil bahwa pelaku diduga memiliki riwayat penyakit ayan.

Petugas kepolisian mengamankan warga yang diduga membakar SPBU Tangkil, Kecamatan Gunung Jati, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Kamis (8/9/2022)KOMPAS.com/MUHAMAD SYAHRI ROMDHON Petugas kepolisian mengamankan warga yang diduga membakar SPBU Tangkil, Kecamatan Gunung Jati, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Kamis (8/9/2022)

"OW memiliki penyakit ayan sehingga sering terjatuh dan terbentur kepalanya," ucap Ibrahim.

Baca juga: Jual Solar dan Pertalite ke Tangki Modifikasi, 2 SPBU di Makassar Kena Sanksi

Ibrahim juga menyebut bahwa pelaku ini tinggal sendiri di rumahnya.

Selain diduga mengalami gangguan jiwa, pelaku bahkan pernah bertengkar hingga menyakiti salah satu keluarganya.

"5 bulan yang lalu OW pernah berkelahi dengan kakak iparnya dengan menusukan gunting ke perut kakak iparnya, selanjutnya istri dan keluarganya meninggalkan OW sehingga OW tinggal dirumah sendirian," ujar Ibrahim.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com