Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Peresmian Kereta Cepat, Jalan ke TOD Tegalluar Rusak dan Belum Terkoneksi Angkutan

Kompas.com - 08/08/2023, 14:13 WIB
M. Elgana Mubarokah,
Gloria Setyvani Putri

Tim Redaksi

 

BANDUNG, KOMPAS.com - Jelang peresmian Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) oleh Presiden Jokowi pada 18 Agustus mendatang di Transit Oriented Development (TOD) Tegalluar, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat masih mengalami pelbagai kendala.

Mulai dari akses jalan yang masih dalam perbaikan hingga minimnya akses transportasi umum dari beberapa daerah ke TOD Tegalluar.

Untuk diketahui, TOD Tegalluar merupakan stasiun perhentian terakhir KCJB.

Kondisi ini berbeda dengan TOD di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) yang tengah menyiapkan trem dari Stasiun Bandung. 

Baca juga: Diundur Lagi, Uji Coba Terbatas Kereta Cepat Jadi Awal September 2023

Saat ini, TOD Tegalluar belum dipasang rel kereta. Sementara stasiun kereta paling dekat berada di Stasiun Cimekar, yang berjarak sekitar 7 km dari TOD Tegalluar.

Selain itu, moda transportasi angkutan umum seperti angkutan kota (angkot) belum ada yang memiliki trayek ke arah TOD Tegalluar. 

Ketersediaan angkot terdekat dengan TOD Tegalluar, berada di wilayah Cijawura Kota Bandung dengan jarak sekitar 3 kilometer.

Jika calon penumpang memilih opsi angkot, setelah berada di Cijawura harus menyambung dengan ojek. Namun, ojek online (ojol) belum tentu diterima ramah oleh ojek pangkalan yang berada di sekitaran Cijawura hingga TOD Tegalluar. 

Pantauan di lapangan, akses jalan menuju TOD Tegalluar masih belum rampung dibangun. Saat ini proyek pembangunan jalan masih dalam tahap pemasangan beton.

Beberapa ruas jalan di wilayah Sapan dan jalan yang langsung mengakses ke Stasiun Cimekar masih mengalami kerusakan cukup parah. Jalan berlubang dan sempit bakal menghambat akses calon penumpang menuju TOD Tegalluar.

Kondisi tersebut dikeluhkan beberapa masyarakat, baik warga yang sudah menantikan KCJB atau warga sekitaran TOD Tegalluar.

Keluhan warga

Rendi Maulida (28) salah seorang warga Kelurahan Rancanumpang, Kota Bandung mengatakan, tak sabar menunggu Kereta Cepat Jakarta-Bandung beroperasi.

Pasalnya, dia yang saat ini bekerja di salah satu perusahaan di Jakarta, sewaktu-waktu kerap dipanggil ke Kantor Pusat untuk urusan pekerjaan.

"Kebetulan saya kerja di Jakarta, cuma di Bandung ini kantor cabang. Sekali-kali kalau ada pelatihan atau urusan administrasi, saya harus ke Jakarta," katanya ditemui di depan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Selasa (8/8/2023).

Rendi mengaku membutuhkan dan sangat menantikan kehadiran KCJB agar bisa memangkas waktu dari Bandung ke Jakarta atau sebaliknya.

Kondisi akses jalan menuju TOD Tegalluar, Kabupaten Bandung, Jawa Barat pada Selasa (8/8/2023) beberapa hari jelang peresmian Kereta Cepat Jakarta Bandung oleh Presiden Jokowi 18 Agustus mendatangKOMPAS.COM/M. Elgana Mubarokah Kondisi akses jalan menuju TOD Tegalluar, Kabupaten Bandung, Jawa Barat pada Selasa (8/8/2023) beberapa hari jelang peresmian Kereta Cepat Jakarta Bandung oleh Presiden Jokowi 18 Agustus mendatang

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com