Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebakaran TPA Sarimukti, Operasional Pembuangan Sampah Tetap Berlangsung

Kompas.com - 23/08/2023, 14:53 WIB
M. Elgana Mubarokah,
Reni Susanti

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bandung, Asep Kusumah mengatakan, hingga kini belum ada instruksi pemberhentian pembuangan sampah ke TPA Sarimukti. Walaupun tempat pembuangan akhir itu kebakaran. 

Asep mengungkapkan, tidak menutup kemungkinan setiap daerah memberhentikan sementara pembuangan sampah ke TPA Sarimukti, namun perlu koordinasi lebih lanjut dengan DLH Provinsi.

Baca juga: 5 Hari Tak Padam, Kebakaran TPA Sarimukti Meluas Sampai 10 Hektar

"Kalau dari Kadis LH Provinsi belum, kebetulan kemarin pagi kita zoom juga, komunikasi belum ada. Kalau memang situasi memungkinkan untuk dipertimbangkan penghentian bisa saja terjadi tapi sampai saat ini belum," katanya ditemui di Taman Hutan Raya Raya (Tahura) Dago, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (23/8/2023).

Informasi yang didapatnya, kebakaran yang terjadi di TPA Sarimukti tidak menyentuh seluruh zona.

Baca juga: Terpapar Asap Kebakaran TPA Sarimukti, 7 Sekolah Diliburkan

 

Ia memprediksi, hal tersebut yang menjadi pertimbangan untuk tidak melakukan pemberhentian pembuangan ke TPA Sarimukti. Meski demikian, ia mengakui, Bandung Raya membutuhkan TPA baru.

"Ya kan itu kebakaran kan tidak semua zona, itu kan ada beberapa zona ya. Ya saya berharap segera ditangani karena memang persoalan hari ini untuk Bandung Raya kan masih memerlukan lokasi TPA ya," jelasnya.

Meski begitu, ia mengaku sudah rapat terkait pemberhentian sementara pembuangan sampah ke TPA Sarimukti.

"14 Agustus kemarin sempat ada rapat terkait pembatasan pembuangan," ujarnya. 

Sekalipun pengangkutan serta pembuangan sampah ke TPA Sarimukti masih berlangsung, ia mengakui ada kendala di lapangan. Salah satunya keterlambatan yang disebabkan kondisi yang terjadi di TPA Sarimukti.

"Sementara, walaupun di sana memang ada alat berat, satu alat berat yang kena insiden, pasti ada pengaruh lah terkait dengan percepatan pelayanan tapi sampai hari ini belum ada yang dihentikan," tambahnya.

Ia mengklaim, Kabupaten Bandung menjadi salah satu wilayah yang berhasil mengurangi pembuangan sampah ke TPA Sarimukti. Caranya dengan pendekatan 3R. 

Untuk membantu pemadaman api di Sarimukti, Pemkab Bandung menurunkan armada pemadam kebakaran.

"Intinya begini, kebakaran itu harus segera ditangani, mau atau tidak ada pembuangan ya harus dipadamkan," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com