Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir dan Longsor Terjang Kabupaten Bandung

Kompas.com - 08/01/2024, 20:01 WIB
M. Elgana Mubarokah,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com -Banjir bandang dan longsor menerjang Desa Margamulya, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin (8/1/2024).

Kejadian itu juga mengakibatkan tembok penahan tanah (TPT) dengan panjang 15 meter di sekitar kantor desa ambruk.

Baca juga: Sawah dan Permukiman 6 Desa di Bandung Barat Diterjang Banjir dan Longsor

Banjir dan longsor disebabkan hujan deras yang mengguyur wilayah Kecamatan Pangalengan sejak Minggu (7/1/2024) hingga Senin subuh, dan membuat Sungai Cisangkuy meluap 

"Kalau yang banjir bandang itu terjadi di RW 01 RW 14. Betul karena intensitas hujan kemarin sangat tinggi," kata Kepala Desa Margamulya Suhendar Rohmani saat ditemui di lokasi, Senin.

Baca juga: Jerit Warga Semarang, 10 Tahun Jadi Langganan Banjir

Suhendar mengatakan, ada 19 rumah warga terendam banjir dengan ketinggian air saat kejadian mencapai 30 sampai 50 sentimeter. Adapun saat ini banjir telah surut dan warga sudah membersihkan rumah mereka.

 

Suhendar menyebut, aliran Sungai Cisangkuy kerap meluap apabila hujan dengan intensitas tinggi melanda wilayah tersebut. Namun, biasanya tidak terlalu parah dibanding kejadian hari ini.

Suhendar mengatakan, pihak desa telah berkoordinasi dengan DAS Cisangkuy dan Pemerintah Kabupaten Bandung untuk segera memperbaiki drainase aliran Sungai Cisangkuy. 

Adapun pihak desa sebenarnya telah mengajukan perbaikan drainase ke Pemkab sejak 2,5 tahun lalu. 

"Tapi belum ada tindak lanjut, tapi kemarin ada sedikit (TPT bantaran) yang dibangun melalui program dana Desa Margamulya," ujarnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com