Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bey Machmudin Pastikan Tahapan Pemilu 2024 di Jabar Berjalan Kondusif

Kompas.com - 07/02/2024, 20:28 WIB
Faqih Rohman Syafei,
Reni Susanti

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin, mengklaim tapahan Pemilu 2024 di Jabar hingga saat ini berjalan kondusif.

Meski demikian, dia terus mengingatkan para aparatur sipil Negera (ASN) harus bersikap netral demi tercapainya Pemilu yang lancar, jujur, dan damai.

"Alhamdulillah sampai hari ini pelaksanaan tahapan Pemilu berjalan baik di Jabar. Kita ingatkan ASN, TNI, dan Polri harus netral," ujarnya usai rapat koordinasi kesiapan penyelenggaraan Pemilu 2024 di Sports Center Arcamanik, Kota Bandung, Rabu (7/2/2024).

Baca juga: Deretan Program Ridwan Kamil yang Dihentikan Bey Machmudin

Dia menyebut, rapat koordinasi yang diikuti oleh bupati, wali kota, KPU, Bawaslu, Kapolda Jabar, dan Pangdam III Siliwangi ini untuk memastikan semua tahapan berjalan lancar dan aman.

Selain itu, melalui rapat ini diharapkan bisa meminimalisir terjadinya kecurangan, mengingat tinggal satu pekan pesta demokrasi lima tahunan akan digelar.

"Pemilu harus berjalan dengan lancar jujur, adil, dan damai sampai hari perhitungan nanti. Diharapakan nanti jangan sampai ada kecurangan pada saat perhitungan nanti," tambah Bey.

Baca juga: Bey Machmudin Bubarkan Jabar Quick Response, Fungsinya Dikembalikan ke Dinas

Bey juga mendorong KPU dan Bawaslu Jabar untuk terus memantau dan berkoordinasi dengan stakeholder terkait guna mengantisipasi Pemilu di daerah rawan bencana.

"Untuk daerah rawan bencana sudah ada SOP-nya. Apakah akan dipindahkan, mitigasinya seperti apa nanti KPPS yang menentukan karena itu kewenangan penuh dari KPPS. Jangan sampai ada warga kehilangan hak pilih karena hal-hal yang tidak diantisipasi oleh kita," ucapnya.

Sementara itu, Ketua KPU Jabar Ummi Wahyuni menyebut, sebagian besar dari logistik untuk Pemilu 2024 sudah didistribusikan ke sejumlah ratusan ribu TPS di seluruh Jabar.

"183 juta lembar surat suara dan 750.000 kotak suara yang saat ini pendistribusian dan pengelolaannya sedang dikebut," ucap dia.

Dia melaporkan, di Jawa Barat telah ditetapkan 35.714.901 Daftar Pemilih Tetap (DPT), yang tersebar di 140.457 TPS.

"Kalau pemilih tambahan ada diangka 85.000 orang yang keluar, dan yang masuk 75.000 orang," pungkas Ummi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com