Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Cipali Mulai Terapkan Diskon 20 Persen, Kendaraan Pemudik Mulai Ramai

Kompas.com - 03/04/2024, 13:54 WIB
Muhamad Syahri Romdhon,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

CIREBON, KOMPAS.com-Kendaraan arus mudik di Kilometer 188, Gerbang Palimanan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, terpantau kian ramai, pada Rabu (3/4/2024) siang.

Mobil dari arah Jakarta terpantau tidak putus-putus melintasi Gerbang Palimanan menuju arah Jawa Tengah.

Mulai hari ini, Astra Tol Cipali menerapkan kebijakan diskon tarif tol selama tiga hari pada arus mudik dan juga tiga hari selama arus balik.

Baca juga: Korlantas Mabes Polri dan Tol Cipali Operasikan Command Center Km 188

Group Chief Operating Officer Astra Infra Billy Perkasa Kadar menyampaikan, operator infrastruktur jalan tol memberikan diskon tarif 20 persen.

“Tingginya potensi mobilisasi masyarakat pada mudik lebaran tahun ini, menjadi dasar keputusan penetapan diskon tarif ini. Hal ini kami lakukan sebagai bentuk apresiasi perusahaan bagi para pemudik yang telah setia menggunakan jalan tol Astra Infra," kata Billy dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Selasa (2/4/2024) petang.

Diskon tarif tol untuk arus mudik di ruas Astra Infra diberikan sebesar 20 persen sejak hari ini sampai Jumat (5/4/2024) pukul 05.00 WIB.

Sedangkan untuk arus balik, diskon 20 persen diberikan sejak Rabu (17/4/2024) pukul 05.00 WIB sampai Jumat (19/4/2024) pukul 05.00 WIB.

Diskon ini berlaku bagi seluruh golongan kendaraan yang melintasi Cikopo-Palimanan yang transaksi tol menggunakan kartu uang elektronik dengan saldo cukup.

Baca juga: Mulai Hari Ini, Jalan Tol Semarang-Demak 1A Sudah Bisa Dilalui Pemudik

Selain pemberlakuan diskon tarif, Astra Infra telah melakukan berbagai antisipasi untuk mengurai kepadatan pada puncak arus, antara lain dengan mempersiapkan manajemen lalu lintas di jalur maupun jalan akses yang berpotensi mengalami kepadatan, rencana rekayasa lalu lintas berkoordinasi dengan kepolisian, mekanisme delaying system di rest area, hingga koordinasi dengan pihak - pihak terkait lainnya.

Diimbau pula pengguna jalan yang menunaikan ibadah puasa untuk dapat tetap mengutamakan keselamatan dengan menjaga batas kecepatan dan beristirahat jika lelah, mengantuk, atau telah berkendara selama empat jam berturut-turut.

Pengguna jalan juga diimbau untuk menjaga fasilitas dan beristirahat secukupnya di rest area.

Jika rest area penuh, pengguna jalan juga dapat memanfaatkan tempat istirahat di luar jalan tol, untuk kemudian kembali masuk tanpa tambahan biaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com