Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Potret Sedih Kantor Pemadam Kebakaran di Timur Bandung, Berdiri di Garasi Tanpa Toilet

Kompas.com - 07/08/2023, 12:34 WIB
M. Elgana Mubarokah,
Reni Susanti

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Istilah 'kantor' yang biasanya nyaman dengan berbagai fasilitas penunjang, tak berlaku bagi Kantor Pemadam Kebakaran Kabupaten Bandung Sektor Cileunyi.

Di sana, kata "nyaman" hanya sebuah afirmasi positif, bagi 8 personel pemadam kebakaran Sektor Cileunyi agar bisa berdamai dengan situasi serta fasilitas yang ada.

Bagaimana tidak, kantor yang mestinya layak digunakan untuk proses pengaduan, persiapan, hingga penanganan itu hanya berupa garasi.

Baca juga: Tolak TPPS, Pedagang Pasar Sadang Serang Bandung Pilih Bangun Mandiri Kios yang Terbakar

Ya, Kantor Pemadam Kebakaran Kabupaten Bandung Sektor Cileunyi yang terletak di sebelah Kantor Kecamatan Cileunyi, nebeng di sebuah garasi rumah dinas milik Kecamatan Cileunyi. Luasnya hanya 4x4 meter persegi.

Pantauan di lapangan, garasi berukuran kecil itu dibagi menjadi beberapa bagian. Di bagian depan, tepatnya halaman, terdapat kursi dari stainless bekas yang biasanya ditemui di terminal atau stasiun kereta api.

Kemudian terlihat meja tua beserta kursi lipat untuk menerima tamu atau kunjungan.

Baca juga: Pemkot Bandung Akan Bangun Kios Sementara 170 Pedagang Pasar Sadang Serang

Hanya berjarak 1,5 meter di sebelah kanan meja penerima tamu itu, terdapat sebuah rak setinggi 2 meter yang menjadi tempat penyimpanan peralatan "tempur" para penakluk api tersebut.

Mulai dari selang, baju pemadam, helm, jaket, hingga sepatu berjejal di rak tersebut.

Di sebelah rak tersebut terdapat ruangan sempit dengan lebar satu meter yang difungsikan sebagai dapur. Piring, gelas, kompor hingga galon air di tempat di sana. Terdapat sebuah pintu di dapur tersebut yang menghubungkan langsung ke ruang arsip Kecamatan Cileunyi.

Tak hanya itu, untuk membatasi dapur dan kamar, terdapat papan bekas yang dijadikan penyekat antara dapur dan kamar. Pun di bagian depan sebuah lemari besi menjadi penyekat antara meja penerima tamu dengan kamar.

Kondisi kamar pun sangat mengkhawatirkan. Kasur tempat para personel pemadam beristirahat sudah lusuh bahkan tak layak pakai. Terdapat ranjang tingkat yang kondisinya tak layak pula.

Bahkan, langit-langit garasi tersebut sudah lusuh. Atap garasi yang terbuat dari asbes terkadang membuat para personel pemadam kepanasan.

Karenanya tak aneh jika saat tak ada panggilan, para personel memilih beristirahat di teras rumah dinas Kecamatan Cileunyi yang kini digunakan kantor Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Cileunyi.

"Sebetulnya ini ke belakangnya masih panjang, karena posisinya memanjang tapi ini kan di bagi dua, sama bagian arsip milik Kecamatan Cileunyi, kita juga di sini statusnya ya numpang," kata Kusman Komandan Regu (Danru) Pemadam Kebakaran Sektor Cileunyi, Kabupaten Bandung, saat ditemui, Kamis (3/8/2023).

Kusman mengungkapkan, pihaknya menempati garasi tersebut sejak 2018. Sejak ditempati hingga sekarang, belum ada perubahan sedikit pun. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com